Facebook Ads Series: Memahami Tujuan Beriklan di Facebook - Komunitas Belajar Bisnis Bersama

Facebook Ads Series: Memahami Tujuan Beriklan di Facebook

Cara memasang pixel facebook di web wordpress
September 29, 2017
Penggunaan Iklan di Facebook dan Instagram
September 30, 2017

Facebook Ads Series: Memahami Tujuan Beriklan di Facebook

Facebook Ads Series: Memahami Tujuan Beriklan di Facebook

Mempelajari Online Marketing tentu saja kita akan mempelajari sisi teknis dari melakukan iklan berbayar (Paid Advertising), jika membahas tentag iklan tentu saja kita tidak bisa mengabaikan salah satu platform iklan terbesar di dunia online saat ini yaitu Facebook Ads.

Facebook Inc. dengan segala jenis anak usahanya sudah menjadi raksasa sosial media, terutama setelah melakukan akuisisi atau pembelian terhadap Instagram dan WhatsApp. Beriklan di Facebook Ads menjadi salah satu primadona para Online Marketer, baik dalam skala individu maupun korporasi-korporasi besar, bahkan perusahaan sebesar Google pun beriklan di Facebook Ads.

Sebagian UMKM di Indonesia sudah menggunakan Facebook Ads dalam memasarkan Produk ataupun Jasanya, akan tetapi ada beberapa UMKM yang saya temui salah mengartikan tujuan dalam beriklan di Facebook atau Instagram. Sebagian dari mereka menganggap bahwa mereka beriklan hanya untuk menaikkan omzet penjualan mereka, yang mana sebenarnya tujuan beriklan untuk meningkatkan omzet tidaklah salah sepenuhnya.

Akan tetapi beriklan di facebook ataupun di platform iklan manapun bukan hanya bertujuan meningkatkan omzet. Saya merasa bahwa beriklan dengan paid advertising bisa dilakukan dengan tujuan yang lebih berjangka panjang.

Makanya di Facebook pun menyediakan 3 tujuan utama memasang iklan di dalam paltform iklan facebook itu sendiri. 3 tujuan utama itupun dibagi lagi menjadi 10 sub-sub tujuan (objective) dalam beriklan.

Adapun tujuan-tujuan beriklan di facebook tersebut adalah:

  1. Awareness

Awareness atau pengetahuan pemirsa/audience merupakan tujuan awal dalam beriklan di facebook. Facebook menyediakan pilihan ini sebagai marketing objective karena kita sangat sadar bahwa brand awareness sangatlah diperlukan dalam melakukan penjualan dan dominasi pasar ditingkat yang lebih lanjut.

Awareness ini juga dibagi kepada 2 sub-tujuan yaitu Brand Awareness dan Reach

2. Consideration

Consideration atau dalam terjemahan Bahasa Indonesia dapat disebut sebagai pertimbangan adalah cara menjadikan brand, produk, atau jasa yang dijual menjadi pertimbangan dalam penentuan keputusan para pemirsa. seringkali dalam prakteknya iklan dengan tujuan consideration ini sudah menghasilkan penjualan atau omzet yang cukup baik, terutama untuk pasar di Indonesia.

Objective Consideration ini dibagi oleh facebook menjadi 5 sub-tujuan yaitu Traffic, Engagement, Apps Install, Video Views, dan Leads Generation.

3. Conversion

Conversion ini adalah salah satu tujuan yang bisa menjadi tolak ukur kesuksesan beriklan facebook, karena pengukuran atas penjualan, penyebaran katalog atau kunjungan ke toko fisik menjadi tujuannya.

Objective ini dibagi menjadi 3 sub-tujuan yaitu web conversion, Product Catalog Sales, dan Store Visit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *