Memanfaatkan Instagram Story sebagai media Marketing - Komunitas Belajar Bisnis Bersama

Memanfaatkan Instagram Story sebagai media Marketing

Menjadikan Display Ads Sebagai media yang Powerful
April 26, 2017
Review – Buku “The Book of SEO”
September 27, 2017

Memanfaatkan Instagram Story sebagai media Marketing

Facebook Inc. melalui Instagram sejak beberapa bulan yang lalu meluncurkan fitur Instagram story yang disebut-sebut sebagai ‘Snapchat Killer’ yang memungkinkan pengguna Instagram untuk melakukan ‘Snapping’ alias posting sementara yang hanya bisa dilihat selama kurang lebih 24 jam semenjak si pemilik akun Instagram tersebut melakukan posting di stories nya.

Posisi Instagram Story diatas Timeline Instagram menjadikan Instagram Story sangat menarik sebagai media Promosi

Fitur Instagram Story ini juga tidak disia-siakan marketing atau pemilik bisnis yang juga memiliki akun instagram sebagai media komunikasi dan media marketing mereka. Bahkan saat ini Instagram pun sudah memperbolehkan slot iklan berbayar mereka muncul di stories user-usernya.

Secara organic kita sebagai marketer atau business owner juga bisa memanfaatkan fitur ini. Di dalam modul facebook learning ada sebuah video yang menunjukkan hasil penelitian facebook Inc. terhadap beberapa perilaku brand yang memanfaatkan fitur ini secara organik.

Ada 5 hal yang dijadikan cara brand-brand tersebut berkomunikasi kepada para followernya. Apa saja yang menjadi cara yang biasa digunakan tersebut?

  1. Bermain dengan Waktu, Cara ini digunakan para marketer atau produk untuk meningkatkan engagement atau keterikatan antara follower dan juga akun yang dimiliki oleh sebuah brand.
  2. Promosi, dengan fitur yang hanya ada dalam 24 jam tentu saja promosi bisa dilakukan oleh sebuah brand. Seperti memberikan diskon khusus untuk para follower yang melihat Instastory, atau melakukan permainan dengan promosi-promosi tertentu.
  3. Tutorial, Cara sebuah brand memberikan tutorial dan tips-tips bermanfaat sudah menjadi sebuah kewajiban brand, maka dengan adanya instagram story yang berisi tutorial-tutorial menarik juga bisa dimanfaatkan sebagai media untuk berkomunikasi dengan follower.
  4. Memberikan Teaser, bocoran-bocoran tentang sebuah prooduk yang akan diluncurkan oleh sebuah brand juga bisa dikomunikasikan atau diberikan melalui Instagram Story.
  5. Behind The Scene, Dibalik layar sebuah produksi barang atau jasa tentu saja akan menarik perhatian follower dalam menentukan pilihan mereka menggunakan barang atau jasa kita. Jadi pemanfaatan Instagram Stories dalam membuat sebuah Behind The Scene sebuah Produk atau jasa akan menarik juga.

Jadi, cara apakah yang akan anda gunakan untuk mengisi Instagram Story anda?

Jangan lupa simak video tentang Instagram Story berikut ini:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *