Perhatian yang lebih besar bisa didapatkan dengan memberikan Cerita. - Komunitas Belajar Bisnis Bersama

Perhatian yang lebih besar bisa didapatkan dengan memberikan Cerita.

Membuat Konten yang Cocok dengan Value Bisnis
April 5, 2017
Menjadikan Display Ads Sebagai media yang Powerful
April 26, 2017

Perhatian yang lebih besar bisa didapatkan dengan memberikan Cerita.

 

Bisakah kita menjadikan kisah atas pengalaman kita dalam mengembangkan bisnis?

Bagaimana melakukan pendekatan yang lebih personal dalam melakukan ‘storytelling’ ?

Bagaimana menjadikan cerita yang kita berikan menjadi sebuah pendekatan bisnis?

 

Bercerita bukan hanya dilakukan ketika kita berkumpul dengan teman atau keluarga saja. Tapi, bercerita dengan baik juga bisa dilakukan untuk meningkatkan perhatian dan keterikatan orang terhadap bisnis kita.

Kendala yang sering dihadapi apabila ingin bercerita dengan tujuan bisnis adalah kita merasa tidak memiliki cerita apapun untuk dibagikan kepada calon costumer kita, ya kan? Nah, untuk itu tentu kita harus menemukan apa yang spesial dari bisnis yang kita miliki, karena sebenarnya tidak ada bisnis yang membosankan, maka kita harus melihat sesuatu yang menarik.

Sebagai contoh Joni memiliki bisnis topi anak-anak, dan memberikan sebagian hasilnya untuk sebuha yayasan yang membantu kesembuhan kanker pada anak-anak. Bagaimana cara Joni memulai cerita untuk bisnisnya? Coba kita berikan 2 pilihan cerita awal yang akan disampaikan oleh Joni.

  • Topi anak-anak yang menarik dan lucu. Ada 6 model yang bisa dipilih
  • Topi Anak ini sering digunakan oleh anak-anak penderita kanker yang menutupi kepala mereka yang tidak ada rambut akibat program pengobatan. Maka sebagian dari keuntungan penjualan topi anak ini untuk mereka.

Melihat pilihan pembukaan cerita tentang bisnisnya Joni tentu kita akan lebih mendapatkan perhatian dari cerita yang kedua kan? Dengan menceritakan sesuatu yang lebih menginspirasi kita akan mendapatkan perhatian lebih dari calon costumer kita, dibandingkan apabila kita hanya membicarakan langsung kepada bisnis dan penjualan.

Ada 2 cara untuk kita menceritakan bisnis kita agar menjadi cerita yang menarik bagi calon costumer, carita personal atau cerita tentang tujuan yang lebih tinggi daripada sekedar bisnis ataupun uang.

Pendekatan cerita personal biasanya memulai dengan momen disaat ide bisnis kita muncul. Sedangkan, cerita tentang tujuan yang lebih besar biasanya diceritakan dengan memberikan tujuan-tujuan yang dibagi kepada orang lain di dalam bisnis yang kita jalankan.

Jadi, bagaimana kita akan menceritakan tentang bisnis kita kepada orang lain melalui storytelling yang baik?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *